Belajar Setiap Saat, Biar Nggak Sombong


Kata siapa kalau belajar cuma pas mau ujian? Belajar harus setiap saat. Bukan setiap hari aja tapi setiap saat. 

Itu kata seseorang ketika gue kasih wejangan dalam suatu rapat tim. 

Gue setuju kalau belajar itu setiap saat. Karena banyak banget hal yang bisa kita pelajarin setiap hari. Alam semesta seluas itu. Makanya selalu ada hal baru yang pasti kita nggak tahu dan jadi pelajaran buat kita. 

Nggak hanya karena lo abis ada musibah, atau lo abis putus dari pacar lo, atau lo abis ada masalah-masalah lain, baru dari situ lo belajar. Nggak juga. Nggak hanya sebatas itu. 

Belajar tuh juga bisa dari hal-hal baik. Lo bisa belajar dari kebahagiaan orang lain. Lo bisa belajar dari hal yang bikin lo happy pada saat itu. Misal, lo abis ngerasa happy bisa kasih tempat duduk buat orang lain di KRL. Dari situ juga lo belajar, “oh sesimple gue kasih kebaikan buat orang lain, gue ternyata bisa happy loh” itu kan juga belajar. Belajar mengenali diri lo sendiri. 

Terus apa hubungannya sama biar nggak sombong?

Waktu itu mentor gue lempar pertanyaan gini ke forum “Kenapa belajar itu harus setiap saat?”

Tentu aja semua orang mencoba menjawab. 

“Supaya kita bisa memperbaiki diri kita” “Biar kita bisa lebih aware sama keadaan sekitar kita” “Biar kita bisa memprediksi dan mempelajari keadaan kita kedepannya”

Jawaban-jawaban bagus dan nggak ada yang salah. Tapi jawabannya masih belum tepat. 

Mentor gue akhirnya jawab “Kita harus belajar setiap saat supaya kita rendah hati, nggak sombong. Orang yang udah nggak mau belajar, berarti dia sombong. Dia merasa angkuh karena sudah merasa paling benar dan tahu segalanya”

Wah, gue gak pernah tau kehidupan apa aja yang udah dilaluin mentor gue ini, tapi pandangan-pandangan doi selalu membuka pikiran gue dari sudut pandang yang baru. 

Itulah kenapa lo harus belajar setiap saat, biar lo rendah hati. 

Setelah dipikir-pikir pernyataan itu sangat masuk akal. Ketika kita sudah merasa jago di satu bidang. Gue coba contohin, misal kita merasa sangat bertalenta di bidang digital marketing. Kalau kita tidak mau belajar, pasti kita sombong, ngerasa "ah ngapain belajar lagi gue udah jago kok"

Padahal zaman juga terus berkembang, ilmu pasti banyak penerapan baru. Jadi kita harus terus belajar. Selain untuk mengikuti ilmu yang berkembang, juga supaya kita gak ngerasa sombong dan paling tahu. 

Kadang memang ada orang-orang yang sok tau, apalagi buat netizen-netizen yang suka adu argumen di media sosial. Banyak yang suka gak terima pendapat orang lain, dan merasa pendapatnya paling benar. Di situlah kalian bisa nilai orang itu sombong atau tidak. 

Kita terlahir sebagai orang bodoh, yang nggak tau apa - apa. Untuk terus merasa rendah hati, kita harus belajar setiap saat, supaya kita tahu kalau begitu banyak hal yang kita juga belum tahu. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film : College Road Trip

Tongseng Enak di Jalan Surabaya Jakarta

Cerita anak magang : Magang di Trans 7 Part 1