Cerita anak magang : Kenapa harus magang?


Jadi kali ini gue mau cerita tentang pengalaman magang gue yang mungkin akan berguna bagi sebagian orang tapi mungkin gak begitu berguna juga bagi banyak orang LOL.

First thing first kenapa sih harus magang?

Menurut gue magang itu perlu yang pasti buat nyari pengalaman. Dan bukan cuma pengalaman kerja tapi pengalaman bagaimana nanti kita harus bersikap ketika udah bener-bener terjun ke dunia pekerjaan sesungguhnya. Lagian magang juga kerja kan sama kaya karyawan lain cuma yang membedakan paling job desc atau posisi dan status. Pengalaman yang di dapet juga gak serta merta pengalaman kerja itu gimana sih karena menurut gue kerja di organisasi juga namanya kerja. Nah tapi pengalaman ketemu orang baru, pandangan dari orang-orang baru itu, dapet perspektif baru baik mengenai kuliah, kerja maupun kehidupan. Makanya kalo udah magang di kantor jangan cuma kerja tapi ngobrol sama orang lain, kenalan, cari insight, bahkan kalo bisa langsung tukeran kontak. Bukan, bukan modus tapi itu namanya cari relasi. Relasi=investasi cuy kalo kata orang sih gitu.

Liburan semester 4 ini dapet jatah libur dari kampus selama 3 bulan. Menurut gue itu lama bgt dan emang dari awal niat buat nyari magang atau kerjaan lain. Daripada liburan cuma di rumah gak produktif yg ada otak mandek. Sibuk nyari magang apply sana sini sampe minta surat magang dari kampus buat di ajuin ke perusahaan. Nanya-nanya temen siapa tau ada yang punya kenalan dan emang bisa bantu buat masukin magang. Udah nyoba apply ke berbagai perusahaan yang beda beda juga mulai dari startup2, media kaya antv dan kompas, sampe perusahaan yang gede kaya nutrifood. Gak ada balesan. cuma nutrifood yang waktu itu ngundang ue buat dateng ke kantornya buat ikut seleksi. Tapi ternyata yang apply nutrifood juga banyak dari 1600 yang apply via form online yang dipanggil ke kantor cuma 200an orang. Wah lumayan keren kan gue 200 besar haha. Nah dari situ kita ujian tertulis lagi psikotest dan kaya tpa gitu. Bagi yang lulus langsung masuk babak ke dua yaitu fgd. cuma ya seperti yang udah gue duga gue gak lolos wkwk.

Nah kebetulan gue punya temen deket ea. Dia selalu jadi orang yang akhir2 ini mendengar keluh kesah gue dan menurut gue dia orang hebat jadi punya banyak channel kemana mana kalo kata cutay istilahnya bekingan, kalo kata adliya istilahnya pacar-pacaran, halah. Trus dia ngenalin gue sama seseorang sebut aja uci ya emang namanya uci sih oke. Nah dia orang yang udah kerja lama di Trans 7 katanya udah 5 tahun. Jadi dari dia gue dikasih tau buat ngirim cv dan permohonan magang ke laptop unyil. Setelah gue kirim beberapa hari nunggu sempet hopeless juga sampe tetep apply ke perusahaan-perusahaan lain yang lagi buka lowongan. Dan suatu saat ada telfon bunyi…. Yap dari pihak trans mau ngajak ketemu gue besok sabtu pagi di kantor. Oiya ini cerita magang gue akan sering nyebut nama cutay. Karena dia partner gue nyari magang dan partner pas udah dapet magang.

Besoknya pas nyampe kantor Trans 7. Degdegan karena kita berfikir akan di wawancara atau psikotest. Bahkan ‘temen deket’ gue udah ingetin gue buat gak gambar minion lagi pas psikotest haha sekilas info jadi pas test di nutrifood ada tes yang disuruh gambar dengan beberapa bulatan yang udah ada tapi gue malah gambar bentuk minion karna menurut gue itu ide yang out of the box wkwk tapi mungkin bukan orang yang aneh kaya gue yang mereka mau. Setelah ketemu sama orang yang terkait kita ternyata cuma ngomongin hal hal mengenai pekerjaan nanti. Which mean gue udah keterima magang wuhuuu. Pas ngomongin kita harus gimana aja kita cuma bisa bereaksi kaya…

R : Jadi nanti kalian bakal gini gini gini…
K : Wahh iya iya mas
R : Trus kalian juga akan gitu gitu gitu…
K : Waaaww hihihi
R : iya gituuu ada pertanyaan sampe sini?
K : engga mas hehehe

Jadi kita kaya masih excited aja gitu cuma wah wah doang padahal pas kerja eaa (tunggu cerita berikutnya).


Dia sebenernya minta senin besok langsung kerja tapi berhubung di kampus masih ujian jadi diundur sampe senin depan. Well… thanks god! Especially thanks buat ‘temen deket’ gue. Buat cerita berikutnya akan di posting lagi kok. Lha? Siapa yang mau tau ya? Bodo ah 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film : College Road Trip

Tongseng Enak di Jalan Surabaya Jakarta

Cerita anak magang : Magang di Trans 7 Part 1