How to make a great presentation?





1. Understand the audience
Kalau mau jadi menarik kita harus tertarik dulu sama audience. Kita harus tau apa yang diinginkan oleh audience. Apakah mereka suka yg lucu lucu atau suka video biar gak ngantuk nah kita bisa tuh masukin sesuatu biar audience gak boring. Harus tau situasi dan keadaan audience biar kita bisa memenuhi apa yang mereka mau.

2. Don't use
Ada beberapa hal yang selalu lo pake buat bikin power point tapi sebenernya hal itu malah bikin jelek
- Bullet Points
Kan kalo di power point selalu ada tuh ya bullet pointnya nah itu di delete ajaa biar jadi blank page gitu loh
- Clip Art
- Template
- Watermarked picture
- Effect

3. Warnanya senada
Usahain warna tuh pakenya 2-3 warna aja jangan banyak2 karna bikin gak enak di liat jadi kaya alay gitu gak sih wkwk. Bikin yang semenarik mungkin, warna2 yang mencolok biar orang kepo sama slides kamu.

4. Font Size
Pakailah font size > 30 karena itu bikin orang tertarik. ya 20, 25 boleh laahh.. Asal jangan dibawah itu ya



5. Teks
Hindari slides yang isinya teks semua. Itu bikin boring. Orang udah baca duluan apa yang mau lo ungkapin dan hasilnya pasti mereka malah ngacangin lo. Jadi mending di buat poin poin aja.

6. 1 Slides 1 Message
Usahain bahkan harus 1 slide itu isinya 1 pesan aja. Gapapa slide lo banyak tapi kalo bener bener bisa memenuhi semuanya dan audience bisa paham sama lo, brarti lo sukses kan?

7. Gambar
Pakailah gambar yang sesuai dan menarik sama isi slidesnya. Gak perlu lah make make gif gitu..

8. Background
Udaahh backgroundnya gak usah gradasi, Polos aja.. Simpel tapi keren.

9. Make Q&A
Buat pertanyaan2 yang kemungkinan bakal di keluarin sama audience. Biar bisa prepare buat nyari pertanyaannya. Jadi kalo udah punya jawabannya, tinggal jawab aja tanpa perlu bingung mikirin jawabannya.

10. Practice
Latihan dulu sebelum mau presentasi. Biar hasilnya makin oke, dan audience juga tertarik untuk dengerin apa yang kita omongin.

Inget ya Design is not a decoration. Jadi gak perlu lah di tambahin pernak pernik lucu. Efek-efek yang jalannya muter2 duluu.. efek yang dari atas kebawah mantul2.. duuhh gak usah dehh kelamaan. Tujuan kalian presentasi kan buat audience dengerin kamu.. Jadi yang penting dari presentasi itu dari cara kamu ngejelasin...

Oya kalo mau liat contoh2 slides presentation kalian bisa buka di slideshare itu banyak contoh slides yang simple tapi oke

Semoga bermanfaat ^^



terinspirasi oleh kak James senior komunikasi. thanks for the usefull information huhuy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film : College Road Trip

Tongseng Enak di Jalan Surabaya Jakarta

Cerita anak magang : Magang di Trans 7 Part 1